PURBALINGGA- Seluruh Kepala Desa di Kecamatan Rembang mendeklarasikan komitmen bersama untuk ODF (open defecation free) atau BABS (bebas buang air besar sembarangan) di tahun 2019 dan mewujudkan Kecamatan Rembang ODF di tahun 2020. Deklarasi komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan komitmen ODF dari 12 (dua belas) Kepala Desa yang berada di wilayah Puskesmas Kec Rembang. Diketahui dari 12 desa, baru 5 desa yang dinyatakan ODF dan masih tersisa 7 desa yang belum dinyatakan ODF.

“Mohon sengkuyung seluruh jajaran pemerintahan di 12 desa dan juga seluruh warganya agar target dan capaian kesehatan terutama ODF dapat diwujudkan. Semoga Kecamatan Rembang segera ODF menyusul Kec Kemangkon dan Karangjambu dengan sukses menuntaskan PR di 7 desa yang belum ODF,” kata Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Jum’at (29/03).

Plt Bupati Tiwi menyampaikan hal tersebut saat kegiatan Germas putaran terakhir yang dipusatkan di Desa Gunungwuled Kec Rembang beserta suami Rizal Diansyah SE didampingi Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi SH dan para asisten Sekda, para Kepala OPD dan sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga, para camat dan juga Kepala UPT Puskesmas se Purbalingga.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Tiwi mengajak warga untuk senantiasa lakukan langkah-langkah germas karena menurutnya akan lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit yang tentunya lebih mahal. Dengan melaksanakan langkah germas yakni perbanyak makan buah sayur, olahraga teratur, cek kesehatan rutin dan istirahat yang cukup, akan bisa menekan angka kesakitan masyarakat.

“Khusus kepada kaum bapak, walaupun sulit saya minta dilakukan bertahap karena merokok juga membahayakan orang-orang terdekatnya atau perokok pasif yang lebih mudah terjangkit penyakit yang disebabkan asap rokok,” katanya.

Kegiatan germas diawali dengan senam bersama, peninjauan stand pelayanan kesehatan dan bazaar UMKM, cuci tangan bersama siswa SDN 1 Gunungwuled dan juga pengundian doorprize yang disediakan Puskesmas Rembang. Yang beruntung mendapatkan lemari pendingin dari Plt Bupati dengan nomer undian 01363 adalah Agus siswa SMP Maarif NU Gunungwuled anak bungsu dari 4 bersaudara pasangan keluarga ibu Keri dan bapak Subakir.

Selain lemari pendingin, berbagai doorprize juga dibagikan untuk warga yang mengikuti germas diantaranya satu buah sepeda yang diundi oleh bapak Rizal Diansyah diperoleh ibu Mestri warga Tanalum dengan nomer undi 00276, sedangkan hadiah berupa mesin cuci, kambing, peralatan memasak, peralatan sekolah dan berbagai doorprize lainnya dibagikan oleh bapak Sekda, para asisten, Kepala Dinas Kesehatan Kab Purbalingga dan para pejabat Pemkab Purbalingga. (t/ humpro2019)